Waspadalah! Lindungi Anak Anda dari Gangguan Setan


melindungi anak dari gangguan setan

Melindungi Anak dari Gangguan Setan - Para orang tua harusnya mengetahui bahwa setan tidak akan pernah diam, membiarkan anak kita tumbuh menjadi anak yang shalih dan shalihah. Setan tidak akan pernah merasa puas sampai anak-anak kita menjadi kaki tangan mereka. Na’udzubillah min dzalik.

Karena sebab liciknya tipu daya setan dan tabiat manusia yang lemah, maka sudah seharusnya kita meminta pertolongan kepada Allah ta'ala untuk menjaga kita dan anak-anak dari gangguan mereka.

Melindungi Anak Dari Gangguan Setan

Berikut beberapa amalan yang bisa dilakukan agar anak-anak terlindung dari godaan setan.
  1. Do'a sebelum berhubungan suami istri
    Sebelum melakukan hubungan suami istri, panjatkanlah do'a berikut.

    “بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا“.

    “Dengan nama Allah. Ya Allah jauhkanlah kami dari gangguan setan dan jauhkan pula gangguan setan dari (anak) yang akan Kau karuniakan pada kami”. (HR. Bukhari dari Ibn ‘Abbas radhiyallahu’anhuma).

  2. Meminta perlindungan saat anak lahir
    Sebagaimana ucapan ibunda Maryam,

    “وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ“.

    Artinya: “Sesungguhnya aku telah menamainya Maryam dan aku mohon perlindungan kepada-Mu untuknya serta keturunannya dari setan yang terkutuk”. (QS. Ali Imrân (3): 36).

  3. Dzikir pagi petang
    Mintalah perlindungan kepada Allah ta'ala untuk anak-anak kita setiap hari, terutama saat pagi dan petang. Jika anak-anak kita belum mampu membaca al-Qur'an, maka bacakanlah surat al-Ikhlas, al-Falaq, an-Nas, kemudian usapkan tangan Anda ke tubuh anak-anak Anda.

  4. Do'a Nabi shallallahu’alaihi wasallam untuk cucu beliau
    Anda juga bisa mengamalkan do'a yang pernah dibaca Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam untuk cucu beliau al-Hasan dan al-Husain radhiyallahu’anhuma.

    “أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ“.

    “Aku memohon perlindungan kepada Allah bagi kamu berdua dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari segala gangguan setan, binatang berbisa dan pandangan mata yang jahat”. (HR. Abu Dawud dan dinilai sahih oleh Ibn Hibban, al-Hakim, adz-Dzahaby dan al-Albany).

    Do'a di atas dibaca apabila anak yang dido'akan berjumlah dua orang. Jika anak yang dido'akan lebih dari dua orang maka kalimat yang digarisbawahi diganti dengan “u’îdzukum”. Jika satu anak laki-laki maka “u’îdzuka”, dan jika satu anak perempuan maka “u’îdzuki”.

  5. Saat malam tiba, suruh anak masuk rumah
    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam mewanti-wanti,

    “إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ أَوْ أَمْسَيْتُمْ فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ فَإِنَّ الشَّيَاطِينَ تَنْتَشِرُ حِينَئِذٍ، فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنْ اللَّيْلِ فَحُلُّوهُمْ “

    “Jika hari mulai gelap tahanlah anak-anak kalian (untuk keluar rumah) karena saat itu setan berkeliaran. Jika telah lewat sebagian malam biarkanlah mereka”. HR. Bukhari (hal. 669 no. 3280) dan Muslim (XIII/185 no. 5218) dari Jabir bin Abdullah dengan redaksi Muslim.

Itulah beberapa amalan yang bisa kita lakukan untuk melindungi anak dari gangguan setan. Mulai dari berhubungan suami istri, anak dalam kandungan, anak dilahirkan, sampai anak beranjak dewasa pun harus terus kita doa'akan agar terhindar dari godaan setan.

0 Response to "Waspadalah! Lindungi Anak Anda dari Gangguan Setan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel